Mencoba hadir

Image by http://favim.com/image/317102/

“Kehadiran seseorang itu acap kali memberi semangat yang hendak ditolong. Dengan kehadiran, seseorang bisa bercerita dan acap kali cerita itu mampu membangkitkan api yang hampir padam”

JLEB.

Cuma itu reaksi saya ketika membaca potongan Parodi oleh Samuel Mulia di Harian Kompas, Minggu, 26 Agustus. Kapan terakhir kali kau memberikan sebuah tepukan atau sebuah kabar untuk temanmu?

Image by http://favim.com/image/317102/

Saya sendiri beruntung memiliki teman yang sudah seperti keluarga. Mereka yang bisa saya jadikan tempat pulang, berbagi cerita. Tetapi itu bukan berarti saya bisa melepas semuanya kepada mereka. Mencoba membebankan seluruh unek-unek yang ada di kepala. Setidaknya saya memiliki bahu sejenak untuk menopang.

Continue Reading

Train ~ The Finish Line

Train - The Finish Line - SaveMeSanFrancisci

It’s not worth fighting for if one of us is sure
And one of us is dying, trying to find loves cure

*Save Me San Francisco yang dirilis tahun 2009 adalah album terbaik dari Train yang juga sukses memunculkan mereka kembali dalam peta musik setelah hiatus yang cukup panjang. Beberapa lagu penuh dengan lirik yang dalam dan memainkan tema tentang perjalanan hidup. Setelah ikut lirih dalam Marry Me, track ini hadir dengan nuansa yang sama. Didominasi oleh piano dan Pat Monahan yang memaksa kita untuk mendengarkan ceritanya tentang perjalanan, perpisahan, dan hubungan. Ketika sesuatu hal harus berubah, tidak ada yang harus ditakutkan. Kita tetap berjalan, hanya dengan rute yang berbeda.

Continue Reading

Perahu Kertas; epos lama tentang putri dan pangeran.

Kugy dan Keenan. Just like an old fairytale

Saya dan seorang teman berdiskusi banyak mengenai arti kata “adaptasi”, “disadur”, dan “terinspirasi oleh” dalam mengalih visualkan imajinasi sebuah buku kedalam layar lebar. Beberapa orang berhasil, beberapa pula mendapat kecaman dari penggemar. Bagaimana dengan Perahu Kertas? Sepertinya dia akan cepat tenggelam.

Hey Kugy, inikah suratmu ke Neptunus?

Apa yang terjadi? Selama hampir 2 jam penayangan, entah berapa kali rasa bosan menyeruak. Sambil memperkuat sugesti, saya berkata kepada diri sendiri,

bersabarlah, masih banyak fragmen-fragmen yang akan membuat kita menghela nafas bahagia. Entah itu adegan Kugi dan Keenan maupun Kugi dan Remi.”

Tapi, sepertinya itu cuma harapan kosong belaka. Entah siapa yang harus disalahkan. Apakah karena Perahu Kertas adalah sebuah cerita paling populer dari Dewi Lestari sehingga membuat kita membuat ekspektasi yang terlalu tinggi. Ataukah hal itu gagal di tangan Hanung Bramantyo, sang sutradara?

Continue Reading

Rumer ~ Sara Smile

And when you feel cold,
I’ll warm you
And when you feel you can’t go on,
I’ll come and hold you

*Rumer adalah nama panggung yang dipilih oleh Sarah Joyce dalam melantunkan karya-karyanya. Pertama menyimak track ini, mengingatkan saya pada fusion antara Regina Spektor dan The Carpenters. Ada sesuatu dalam suaranya yang berbau tua tapi tidak ketinggalan jaman. Nafas indie yang begitu kental terdengar di beberapa lapisan lagu ini. Nuansa folk dan sedikit jazz menjadi ranah kekuasaannya. Belum begitu banyak orang yang mengetahui kemampuan vokal perempuan kelahiran Pakistan ini, tapi di Inggris sana, namanya sudah familiar dengan Jools Holland dan Glastonburry Festival. Ingin mendengarkan musik yang menenangkan, cari lagu-lagunya!

Continue Reading