Mission Impossible 4; saatnya Tom Cruise pensiun?

Menyaksikan salah satu franchise terbesar masuk kembali ke industri film membuat kita berekspektasi besar. Pasalnya nama Tom Cruise telah identik dari tiga film terdahulu bisa dikatakan fenomenal. Baik dari sisi cerita sampai teknologi dan kemewahan yang ditawarkan. Apakah sekarang film ini masih mampu bersaing?

Maklum saja, diantara sekian banyak cerita mata-mata yang dibuat setelah bertahun-tahun mission impossible, banyak image serupa yang melekat. Seperti sosok Bond yang telah diperbaharui oleh Daniel Craig, sampai tokoh Bourne yang diperankan oleh Matt Damon. Bukankah Tom Cruise sudah tidak muda lagi? Apakah kharismanya masih tetap sama?

Ternyata filmnya tidak mengecewakan. Walaupun kabar yang santer beredar, awalnya Tom Cruise tidak ikut bermain. Mereka menyiapkan satu wajah baru untuk meneruskan franchise film yang lebih dulu popular melalui layar tv ini. Nama Jeremy Remer mencuat menggantikan agen Hunt. Di film ini, dia berperan sebagai mantan agen yang dibebas tugaskan dan bertugas untuk mendampingi seorang menteri. Tetapi nyatanya Tom Cruise masihlah sang tokoh utama.

Perjalanan dimulai ketika 2 orang rekan Hunt membebaskannya dari penjara di rusia. Misinya adalah mencari dokumen peluncuran misil nuklir Rusia. Mengapa hal ini menjadi perebutan? Pasalnya Cobalt, seorang ahli nuklir Rusia mengatakan bahwa kedamaian di dunia bisa tercapai dengan bantuan senjata nuklir. Walaupun jatuhnya korban tidak bisa dihindari. Nah loh!

Aksi Wall Climbing Tom Cruise, konon tanpa peran pengganti

Disinilah kisah tegangnya dimulai. Ketika dokumen itu akan berpindah tangan melalui seorang pembunuh bayaran. Setting tempat yang mengambil menara tertinggi di Dubai (dan seluruh dunia), Burj Khalifa sangat mempesona. Adegan Tom Cruise melakukan aksi spiderman ditambah dengan camera person yang dilihat dari sudut pandang orang pertama, percayalah pemandangan dari lantai 119 bisa membuat perutmu mual dan mendebarkan.

Mata-mata dan konspirasi politik

Sejujurnya saya tidak mafhum dengan masalah konspirasi ini. Tapi katakanlah kenapa selalu dua negara besar ini yang berselisih ketika masalah nuklir? Selalu Rusia dan Amerika. Seperti juga dalam film X Men – First Class. Lah, negara lain hanyalah menjadi korban dari perang kedua negara adidaya ini. Lantas, mengapa Amerika sampai sebegitu repotnya menjaga perdamaian dunia?
Tapi setidaknya film ini masih terasa lebih nyata. Musuh yang dihadapi Tom Cruise hanya 1 orang saja (tidak termasuk sang pembunuh bayaran) dan itu bisa membuatnya babak belur. Kenapa lebih nyata? Banyak film mata-mata dan konspirasi yang menyerang satu markas negara tertentu, seorang diri, mengandalkan satu senjata dan berhasil keluar dengan sedikit luka. Jadinya film Mission Impossible ini terasa masih lebih masuk akal.

Dari semua keseluruhan adegan ada beberapa plot yang masih terasa janggal. Katakanlah adegan penembakan di bawah kanal sampai ke adegan markas tersembunyi IMF (Impossible Mission Federation) yang dipenuhi dengan senjata. Dimana anehnya? Mungkin perlu menontonnya dua kali (seperti yang saya lakukan karena gratisan) untuk menyadari hal ini. Tapi seperti juga kebanyakan film bergenre serupa, nikmati sajalah setiap adegannya. Karena flow yang ditawarkan membuat kita menahan nafas, tertawa melihat dialog cerdas kemudian merasa tegang kembali. Alurnya enak!

Kita akan diajak masuk kedalam badai pasir di Abu Dhabi, menyaksikan betapa ruwetnya jalan di India, bagaimana keindahaan Rusia dalam berbagai adegan. Apakah dengan cerita itu saja film ini berjalan? Ternyata tidak. Siapa sebenarnya tokoh yang diperankan oleh Jeremy Remer akan terjawab di akhir film serta cerita berlapis yang mengikutinya. Persiapan untuk franchise berikutnya? Bisa saja.

Overall, sebagai lanjutan nama besar Mission Impossible, sekuel ini tidak mengecewakan. Dia masih bisa memberikan hiburan dan gambaran kehidupan mata-mata yang sangat seru. Tom Cruise? Mungkin memang sudah saatnya pensiun di film berikutnya.

Mission Impossible : Ghost Protocol

Cast : Tom Cruise, Jeremy Renner, Simon Pegg, Paula Patton

Directed by : Brad Bird

 

You may also like

8 Comments

  1. Two thumbs utk M:I 4. Seandainya Tom Cruise pensiun dari film ini pasti banyak fans yang akan kecewa,terutama fans wanita tentunya. CAn’t wait for the next M:I 5

  2. filmnya keren. tapi gak tau deh kalo tom cruise perlu diganti ya. sebab pemeran serial MI tahun 60an dulu usianya masih lebih senior dari tom cruise.

    kalau memang mesti diganti, siapa kira2 yg cocok? πŸ˜€

  3. Di paragraf 3 tertulis Jeremy Remer.

    Kemarin juga sudah nonton. Akhirnya, karena istri belom pernah nonton 1,2,3-nya, jadilah didownload semua film MI sebelumnya.
    Untunglah ada Ganool.com. πŸ˜›

    1. Typo sedikit. Dia aktor favorit saya skarang. Heh! dilarang pasang iklan disini, dilarang mendownload juga kalo tidak diberi ke saya copy annya!

Leave a Reply