Review : Adele – Someone Like You

Mendengarkan Adele seperti menemukan oase di padang pasir. Sejenak kita akan diingatkan kembali pada kenyataan bahwa sebuah track dahsyat bisa berasal dari vokal yang kuat dan piano yang membius. Inilah Someone Like You.

Dari 13 track yang ada di album 21. Semuanya pantas menjadi single. Semuanya memiliki karakter dan kekuatannya masing-masing. Track Set Fire To The Rain sempat menjadi nominasi terkuat untuk dijadikan single berikutnya. Tapi setelah penampilannya yang apik di BRIT Awards 2011 dengan track Someone Like You dan jadi pemuncak di UK Singles Top 100, dia hanya bisa berucap, speechless.

Memang track ini sesederhana itu. Tidak ada kata yang lebih bagus untuk menjabarkannya selain murni, kuat, emosional. Someone Like You ditulis Adele sendiri, bersama dengan Dan Wilson. Vokalnya yang emosional dalam lagu ini dipadukan sangat apik dengan iringan piano. Membuat lagu yang bercerita tentang cinta di masa lalu ini terdengar sangat menyentuh.

Lirik Sometimes it lasts in love/ But sometimes it hurts instead,bagaikan sebuah tamparan keras bagi mereka yang ingin membuat komitmen dalam hubungan. Apakah sudah siap menghadapi semua konsekunesinya? Karena terkadang kenangan adalah lumpur hidup yang sangat menjebak untuk berkubang didalamnya. Bound by the surprise/ Of our glory days.

Durasi 4. 47 bisa jadi merupakan sebuah durasi yang sangat panjang bagi sebuah lagu. Itu kalau memang nada dan hook yang dimainkannya berada pada tataran standar. Tapi track ini berkata lain. Ada roller coaster emosi yang memaksa kita untuk larut didalamnya. Ketika bagian intro dan Adele mulai bernyanyi, bagian refrain dimana dia bercerita tentang ketegaran dan sisi emosional seorang perempuan, sampai pada bagian bridge dimana dia berniat untuk merapikan semua sudut kenangan untuk selanjutnya melangkah kedepan. Semuanya bercerita dan membuat kita menarik nafas mengikuti setiap lekukan peristiwanya.

Narasi yang kuat. Itulah kekuatan track ini. Disitulah letak keistimewaannya. Adele mempunyai kemampuan story telling yang mampu masuk dalam peran yang dinyanyikannya. Terbukti ketika penampilannya di BRIT Awards, dimana dia sempat terisak pada bagian akhir, karena emosi yang dalam menguasai dirinya. BBC Music sendiri menegaskan bahwa hal itu hanya bisa dilakukan oleh para penyanyi yang bisa dikategorikan senior. Adele membuktikannya bahwa dia memang special.

Rasanya kita tidak perlu berbicara secara chart. Nomor 1 setelah penampilannya di BRIT Award menjadi tanda bahwa memang dia menjadi Ratu dinegara sendiri. Bagian terbaik track ini? Percepat playlist anda pada bagian 2. 20, ketika Adele mulai menegaskan bahwa dia juga belum bisa move on tapi itu yang harus dia lakukan. Ouch.

Untuk anda yang masih meragukan kualitas album dan kualitas vocal Adele, inilah pembuktiannya. Bahwa dia makin matang, secara konsep serta secara emosi. Bahwa dia siap membuktikan dengan musik sesederhana pun bisa dibuatnya menjadi indah. Cheers!

You may also like

2 Comments

Leave a Reply