Malas Masak : Episode Tortillachips.

Tortilla! I choose you! *sambil lempar poke ball* *ditoyor*

bahan dasarnya
bahan dasarnya

Setelah Februari dilalui dengan atraksi masak beraneka ragam masakan, akhirnya mood untuk bulan ini kembali ke awal. Masak kalo ada niat saja. Hahaha. Terkadang masak bisa menjadi beban ketika ingin mengikuti semua keinginan lidah. Jadinya semua bahan harus disiapkan. Tapi karena paper dan minggu final sudah didepan mata, maka jadilah dua minggu kedepan akan makan seadanya XD.

Tortilla sendiri adalah makanan khas dari Mexico yang terbuat dari tepung jagung. Biasanya berupa lembaran lembut seperti kulit dadar yang kemudian diisi tumisan daging. Biasanya kulit tortilla ini akan dipanggang dulu sebelum dicelupkan ke berbagai bumbu atau sup. Tapi kali ini saya menggunakan kripik tortilla yang sudah diolah. Tipikal makanan yang dijadikan cemilan ketika nonton bioskop, sekarang jadi menu makan malam.

Ternyata membuat tortilla ini mudah sekali! Karena semua bahan juga sudah siap olah, kita hanya perlu memasukkan dalam oven untuk menunggu kejunya lumer. Bahan yang dibutuhkan untuk 2 porsi tortilla :

150 gram tortilla chips
½ tomat buah ukuran sedang, potong kotak kecil
½ bawang merah, potong kotak kecil
Keju parut
300 gram daging giling
1 bungkus tortilla mix
2 siung bawang putih

Untuk salad :
Salad mix
½ tomat buah
5 potong keju mozarella

Pelengkap
Saus Sambal
Saus Aioli

Cara membuatnya sangat sederhana. Untuk adonan daging, panaskan wajan dan beri minyak secukupnya untuk menumis bawang putih. Setelah tercium wangi, masukkan daging cincang dan aduk sampai rata dengan bawang. Tuangkan satu bungkus tortilla mix dan tambahkan air secukupnya untuk memastikan daging masak secara merata. Karena persediaan daging cincang saya sudah diberi bumbu spagheti bolognaise, jadi saya memakai persediaan yang ada. Rasanya justru lebih unik.

penampakan sebelum dimasukkan ke oven
penampakan sebelum dimasukkan ke oven

Setelah daging masak, ambil loyang untuk menampung tortilla. Sebelumnya panaskan oven 150 derajat celcius. Alasi loyang dengan kertas roti, lalu letakkan tortilla chips sebagai bahan dasar. Selanjutnya tuang tumisan daging cincang, irisan tomat dan wortel. Setelah merata, terakhir tambahkan keju di permukaan loyang. Karena episode masak sendiri, ya terserah seberapa banyak ingin menggunakan kejunya. Setelah semuanya rata, masukkan dalam oven dan panggang selama 10 menit sampai kejunya lumer ke seluruh tortilla.

itadakimasu!
itadakimasu!

Untuk salad, biasanya saya menggunakan selada dan paket salad mix. Jadi sisa ditambahkan irisan tomat segar dan keju mozarella. Untuk sausnya bisa memilih Thousand Island atau Aioli (mayonnaise yang diberi ekstrak bawang putih).
Setelah keju lumer dengan sempurna, angkat tortilla chips dan hidangkan bersama saus sambal serta saus Aioli. Selamat mencoba!

You may also like

1 Comment

Leave a Reply