Kelebihan MSG, berbahayakah?

Ketika dulu masa KKN selama 2 bulan, saya termasuk orang yang sangat menderita mengenai masalah makanan. Sebenarnya saya bisa mengkonsumsi apa saja, dari makanan setengah matang, sampai lalapan sekalipun. Ketika urusan dapur diambil alih oleh teman cewek, belakangan baru saya tahu bahwa termasuk cewek garis keras. Tidak pernah menggunakan vetsin dalam memasak. Mampus!

Apa yang terjadi kemudian?

Jadilah saya memakan masakan dengan kombinasi gula + garam saja. Terbiasa selama bertahun-tahun dengan masakan ibu yang menggunakan vetsin sebagai penyedap rasa, maka bisa dibayangkan bagaimana hambarnya masakan tersebut. Seperti ada bagian pada lidah yang tidak tersentuh indra perasanya. Barulah ketika teman tersebut tidak di posko selama beberapa hari, saya mengambil alih dapur. Memasak dengan menggunakan vetsin, oh seperti berada di surga!

Vetsin alias MSG

Ini mungkin kebiasaan buruk saya ketika mengolah makanan. Saya terbiasa mengandalkan penyedap rasa ini. Berbagai perkataan teman yang mengatakan bahwa terlalu banyak mengkonsumsi MSG atau vetsin bisa berbahaya. Minggu ini saya baru mendapatkan getahnya.

Beberapa hari ini pikiran saya rasanya kosong. Seperti berhalusinasi dan susah untuk diajak konsentrasi. Padahal ada banyak deadline dan urusan yang menunggu. Tapi semuanya saya tidak acuhkan. Perasaan saya seperti melayang-layang dan rasanya ingin tidur terus. Apa yang terjadi? Tolong saya!

Setelah mengurut kejadian selama beberapa hari kebelakang, barulah saya ngeh apa yang terjadi pada tubuh saya. Bukannya mau sok sotoy, tapi saya bisa mengenali penyebab ketika tubuh saya bereaksi tidak seperti biasanya.

Jawabannya adalah saya kebanyakan mengkonsumsi MSG ditambah dengan temannya yang paling karib, yaitu zat pengawet dalam bakso! Selama seminggu penuh, entah itu sebagai cemilan di koperasi kantor, atapun makan malam, selama seminggu saya makan bakso!

Dari majalahkesehatan.com lah saya mengetahui bahwa MSG walaupun termasuk bahan makanan yang dianggap aman oleh BPOM tetap saja menyimpan bahaya laten yang tersembunyi. Seperti pelan-pelan emnimbun racun dalam tubuh dan efeknya bisa timbul dalam jangka panjang. Tapi ketika konsumsinya vetsin atau MSG sudah berlebihan asupannya, maka efek sampingnya bisa langsung kelihatan, seperti

a. Mual

b. Kejang

c. Selalu merasa haus

d. Sakit kepala

e. Hilang ingatan

Mampus! Karena sampai sekarang pun belum ditemukan cara untuk menangkal residu yang telah masuk ke tubuh kita melalui makanan yang dikonsumsi. Pun cara tradisional seperti mengkonsumsi air kelapa, hanya bersifat sementara saja.

Intinya adalah perhatikan asupan vetsin ataupun bahan kimia lain seperti pengawet untuk anda (dan saya) yang masih sering nongkrong dan memakan apa saja. Memang tidak ada yang bisa mengalahkan makanan rumah! Tetap sehat ya teman! Cheers!

You may also like

Leave a Reply