Menikmati SAGELA; Sambal Ikan Roa khas Gorontalo.

Dalam perjalanan ke Gorontalo, saya akhirnya resmi berkenalan dengan banyak makanan khas daerah tersebut. Satu hal yang mendasar adalah perut anda harus siap dihajar dengan rasa pedas. Selain bumbu khas rica-rica, kini kita juga dapat menyicipi sambal roa khas Gorontalo dari Zanaya Cake.

Seperti yang diketahui bersama bahwa khazanah kuliner Indonesia sangatlah melimpah ruah. Berbagai jenis makanan bisa dijumpai dari berbagai daerah. Bahkan sambal yang sejatinya menjadi pelengkap makan, mempunyai banyak varian sambal yang berbeda. Katakanlah sambal lombok hijau, sambal bajak, sambal terasi dan masih banyak lainnya.

Dari timur Indonesia, sambal roa sudah terkenal dengan aroma dan rasanya yang khas. Perpaduan ikan roa menyatu dalam campuran cabai, garam, gula, bawang dan minyak. Ketika bersekolah di Stockholm tahun lalu, Rara sempat membawakan sambal roa sebagai pengobat kangen akan Indonesia. Makanya sambal khas ini memiliki banyak kenangan tersendiri.

Terima kasih untuk Vivi yang telah mengenalkan saya pada sambal roa khas Gorontalo. Untuk menuntaskan rasa penasaran, maka hidangan untuk hidangan buka puasa kemarin saya khusus menggoreng tahu untuk dijadikan teman makan. Rasa tahu yang lembut lantas bersatu dengan aroma ikan roa. Ditambah lagi pedasnya yang cukup bersahabat di lidah membuat sambal ini aman dikonsumsi setelah berbuka puasa.

Selain tahu goreng, saya juga memutuskan untuk memasak bubur menado ala kadarnya. Melihat stok sayuran di kulkas berupa jagung, bayam dan sedikit labu kuning, jadilah hidangan kedua yang saya nikmati adalah bubur menado. Ternyata dugaan saya tepat, rasa manis jagung dan labu lantas membuat sambal roa ini menjadi lebih seimbang. Biasanya ibu saya membuat sambal terasi sebagai pelengkap bubur menado. Tapi kali ini saya menemukan alternatif sambal yang lebih enak. Rasa ikan roa kemudian bertemu dengan ikan asin yang biasanya dihidangkan bersama bubur manado.

Kalau memang penasaran dengan sambal roa ini, tidak perlu jauh ke Gorontalo mencarinya. Saya sempat berkenalan dengan Vivi Rosida, pemilik brand Zanaya Cake yang memasarkan SAGELA sambal ikan roa. Kami sempat berbincang mengenai ide membawa sambal roa ini ke Makassar. Vivi yang awal karirnya menjual brownies dan jenis cake kemudian tertarik mengolah ikan roa. Alkisah keluarga dari Gorontalo membawakan ikan roa dan sang mama yang memang asli sana dengan lincah mengolanya menjadi sambal.

Hasilnya, ya olahan sambal SAGELA ini. Vivi yang menyadari potensi bisnis dari sambal ini lalu memesan 20 gepe (1 gepe berisikan 20 ikan roa). Ternyata responnya luar biasa. Saya termasuk salah seorang yang langsung menjadi fans sambal ini. Lanjutlah Vivi kemudian memesan lagi 40 gepe, karena pasokan sambal pertama ludes dalam waktu 2 minggu. Selain untuk konsumsi sendiri dan teman-temanya, sambal ini bahkan sudah melanglang buana sampai ke Mekkah. Lumayan kan kalau sedang melakukan perjalanan dan membutuhkan makanan praktis khas Indonesia.

Kalau tertarik dengan SAGELA sambal ikan roa khas Gorontalo ini, silahkan kontak Facebook Vivi Ummu Zahirah. Atau nomor kontak Whatsapp 085299666181, Line zanayacakemakassar, atau tengok galeri instagramnya di Zanaya_cake_makassar.

You may also like

1 Comment

Leave a Reply