A Beautiful Lie; ketika kebohongan berarti segalanya.

Hal kedua yang kubenci tentang diriku adalah “keahlianku” untuk mendeteksi apa yang tak terucap. Makna yang tersirat di balik kata-kata. Ini spesialisasiku. Dan pada saat itulah firasat mengambil alih. (Bilal ~ Halaman 238).

January-BookOfTheMonthSeperti Bilal yang menjadi tokoh utama buku A Beautiful Lie yang ditulis oleh Irfan Master, kita pun akan berfirasat terus menerus kemana arah cerita buku ini akan mengalir dari halaman pertama. Sebuah kompleksitas yang terancang dengan sempurna dan dilepas sedikit demi sedikit untuk memberikan efek puncak yang mendebarkan.

Awal ceritanya sendiri di plot di tahun 1947, masa-masa di India bersiap mengalami revolusi. Perbedaan ras, suku, dan agama menjadi sesuatu yang sensitif. Suasana pasar digambarkan telah berubah, dan ini yang disadari oleh Bilal, anak 10 tahun, merasakan api dalam sekam. Tinggal menunggu waktu saja untuk terbakar.

Tapi di balik semua itu, Bilal hanyalah seorang anak yang sangat menyayangi Bapuji—sang ayah—yang jatuh sakit karena diserang stroke. Dia menceritakan bagaimana hubungan emosionalnya dengan Bapuji yang begitu memuja pengetahuan dan ditengah masyarakat miskin India dia tetap optimis dan membeli buku. Sebagai pengurus pasar, Bapuji dihormati oleh semua orang. Satu hal yang tersisa, Bapuji tidak mengetahui bahwa pun India sedang berubah.

Continue Reading

The Hobbit; mari bertualang!

Ketika mendengar kabar bahwa The Hobbit, prekuel dari Trilogi Lord Of The Ring akan segera dirilis, tidak membuat saya tergerak. Maklum saja, referensi saya telah ideal dengan dunia Harry Potter. Jadi rasanya menambah referensi dengan buku J.R.R Tolkien tersebut rasanya akan sia-sia. Mengingat lagi bahwa tahun perilisan buku dan filmnya adalah masa-masa dimana saya belum bisa mengakses dan bacaan menjadi sesuatu yang mahal.

Gandalf dan Para kurcaci
Gandalf dan Para kurcaci

Mungkin salah satu keuntungan saya adalah bisa mengikuti alur perjalanan kisah sang cincin dari awal. Dari kisah pertemuan awal Bilbo Baggins bertemu dengan Gandalf dan bertualang bersama 13 dwarfs (kurcaci). Saya bisa menebak bahwa detail cerita yang disajikan dalam 3 buku LOTR bisa menjadi hal yang sangat rumit. Tapi disinilah semua petualangan dimulai.

Continue Reading

Pindah.

Apa yang pasti dari suatu perjalanan? Satu hal yang saya ketahui bahwa ketidakpastian adalah suatu hal yang mutlak.

Saya menyangka akan menghadapi tahun 2013 dengan santai, mengetahui scope kerja yang telah terpetakan dan ritme tugas yang sudah dihapal sedemikian rupa. Sejelas waktu setahun akan saya habiskan seperti apa, termasuk rute travelling yang akan saya jalani. Saya telah membayangkan itu semua. Tapi sepertinya saya pun dipaksa keluar dari zona nyaman.

I'm gonna miss this corner so much!
I’m gonna miss this corner so much!

Akhir tahun yang mengejutkan dan awal tahun yang lebih mengejutkan ternyata. Ketika surat mutasi untuk pindah divisi saya terima di akhir tahun, barulah kemarin breakdown rentang tugas yang (nantinya) akan saya kerjakan. Highlight sementaranya? Kaki saya tidak akan kemana-mana setidaknya selama 6 bulan pertama.

Saya pun lantas bertanya, sebenarnya seberapa sering zona nyaman justru menjadi penjebak?

Continue Reading